Jumat, 22 April 2011

Gain clone LM3886 Amplifier

Gain clone LM3886
sesuai dengan fungsi/aplikasi pada datasheetnya, amplifier ini lebih cocok
untuk ruangan kamar dengan kualitas hi-fi dengan daya cukup, bekerja pada kelas AB.  LM3886 masih menggunakan transistor bipolar biasa sebagai transistor final di dalamnya.




hasil test
Cukup bagus! menggunakan tone control nada treble labih powerfull,
nada bass yang kurang nendang bisa diatasi dengan penambahan tone control dan super galaxy. Salah satu istimewanya, hampir/ tidak ada sinyal transien "duk" pada saat power dinyalakan sehingga tidak perlu penambahan speaker protektor.

Rahasianya ada di Resisror sekitar 22k yang terhubung pada pin 8 dan Vee ditambah
kapasitor elko senilai 1-100uf. nilai standarnya adalah elko biasa dengan nilai 100uf/10V. Saya sarankan untuk menggunakan 220~330uF untuk memperlama waktu delay sehingga suara "duk" bisa dicut sempurna. Seharusnya beginilah power amplifier.

Menggunakan kualitas komponen yang bagus adalah pilihan. Saya rasa menggunakan komponen standar juga bagus, yang terpenting adalah keaslian komponen aktif IC, rute ground pada jalur PCB, dan pengkabelan.

Ada dua tipe, LM3886T dan LM3886TF. Menurut saya yang TF black lebih elegan dan lebih mudah pemasangannya karena tidak perlu isolator. Ingat logam bodinya terhubung ke negatif supply. Biasanya model TF daya outputnya cenderung lebih kecil.