Thursday, May 28, 2015

Faktor-faktor yang membuat daun speaker lebih anteng

Halaman sedang diperbaiki...
Saya harap teman-teman memakai speaker lokal sepeti ACR, terutama yang berbungkus dus putih, dan ada tulisan grade "A". Kualitas bisa bersaing dengan speaker impor. Jangan takut dengan ukuran magnet besar. Kalau kita pakai produk luar, kasihan negara.

Masalah daun speaker yang suka  maju-mundur itu biasa terjadi pada power yang muluk-muluk dan mengedepankan kualitas pada qc test. Power built-up/pabrikan tidak lepas dari masalah ini.

1. Power supply termasuk sumber listrik dll
Biasanya power built-up dengan harga di atas $1.000 yang bersuply kuat, tegangan suply tidak terombang-ambing, tidak turun-naik ini adalah faktor no.1 yang membuat daun speaker anteng.

2. Frekuensi
Daun speaker/conus lebih anteng karena frekuensi perangkat power, ekualiser dll diset tinggi, di atas 40Hz. Biasanya speaker pro ber-fs(frekuensi speaker) di atas 40Hz, & sebagian besar para ahli pembuat bok speaker pro cenderung tidak mau membuat bok speaker ber-fb (frekuensi bok) di bawah 40Hz.

3. Model bok speaker
Hati-hati dengan model bok speaker yang tertutup seperti folded horn, gerakan daun speaker jauh lebih liar,  sayang kita tidak bisa melihatnya. Speaker-speaker model ini biasanya menggunakan speaker yang berdaya besar agar awet.

4..