Thursday, May 16, 2013

Layout PCB OCL 500Watt

Pengembangan dari modifikasi OCL 150Watt  versi terakhir...
Tiga transistor yang dibaut di papan PCB tidak panas, hanya model saja. Pada awal pendesainan pcb, tiga transistor ini dipasang di bawah pcb atau dibaut di main heatsink dan rangkaian diset mendekati kelas A. Tiga dioda base-base tadinya mau dijadikan sensor panas, tapi susah dipasang di heatsink. Jalur ground sebaiknya jangan disolder di pcb, tapi dikaki ground dua potensio volume (stereo), ini untuk menghindari dengung/hum.

Output Daya...
Amplifier ini berdaya maksimum 500Watt rms dengan supply tegangan 45vct pada beban 2x speaker. Setara dengan PA3600w pada amplifier rakitan lain.

Penggunaan...
Di dalam dan di luar ruangan

Power supply...
Trafo dengan kekuatan arus minimal setengah dari nominal tegangannya, ini untuk mengimbangi beban 2x 4 ohm (4x speaker) seperti amplifier stereo standar profesional, misal trafo 40Vct 20Amper. Tegangan supply minimal 40vct, jika disearahkan akan menjadi lebih dari 50vdc, transitor-transistor power akan mengeluarkan tenaganya (lebih hidup) jika disuply dengan tegangan 50Vdc (40vct=vac).

Speaker...
2x 500Watt (12", 15") per mono blok amplifier, total speaker 4 unit untuk 1 stereo amplifier.
Disarankan untuk menggunakan speaker berdaya 500W (12", 15") sebanyak mungkin,
ini lebih efektif meningkatkan gain dari pada menggunakan speaker besar >1.000Watt (18", 21") dengan jumlah sedikit.

Tansistor Final...
Disarankan menggunakan seri sanken 3 set.
Terlalu banyak transistor final tanpa menambah kekuatan supply trafo dapat memperlemah dentuman bas dan suara kurang stabil, serak dll.

Hati-hati seri sanken banyak pemalsuan, misal sanken 2SC2922-5DY (kualitas tidak stabil dan tidak sesuai dengan harga). Transistor driver juga harus yang asli! Kalau hasil ada masalah seperti SERAK, resistor 300 terbakar dll ini bisa karena komponen PALSU. C4793 (karakter kurang dengan trafo standar) bisa diganti dengan TIP31C asli (berharap transistor buatan st memberi lebih dari spek yang tertulis) dengan syarat tegangan supply tidak lebih dari 45vct.

Resistor dan kapasitor tidak terlalu jadi masalah. Yang jadi masalah adalah kapasitor elektrolit, elko. Maaf rata-rata elko rubycon/marcon/nichicon (asli) kurang cocok diterapkan sini, karena dia lebih cocok kerja di arus dc, yang cocok untuk ini adalah elko merek nippon chemicon (tidak semua), dan elko lain yang stabil kerja di frekuensi audio/ac.

Hampir semua amplifier rakitan hanya berdaya asli 500Watt secara teoritis dan praktis
di atas kertas dan meja tes, tetapi secara power musik daya yang ditransfer ke speaker hanya beberapa puluh watt saja! Bukti: heatsink adem/tidak panas, suara sudah keras. Sesuaikan daya speaker dengan daya amplifier yang dipakai!

Karakter dan keistimewaan:
Hifi fullrange dengan gain bass 2~4 kali lipat dari amplifier biasa. Efektif untuk produksi bas seperti amplifier kelas-h & BTL.
Daun speaker lebih stabil, tidak terlalu maju dan tidak terlalu mundur walaupun terkena guncangan bass, harapan speaker dan power transitror lebih awet.
Nilai-nilai komponen sudah diset sedemikian rupa sehingga tenaga trafo lebih efisien. Tenaga trafo tidak terbuang sia-sia, tidak berubah menjadi dengung/sinyal liar/osilasi, dll.
Suara bisa menempuh jarak jauh di lapangan karena mempertimbangkan efek doppler.
Dengan pemasangan model 2 trafo di bawah ini (pengetesan 2013), sinyal hp tidak masuk sedikitpun saat ada sms/panggilan masuk walaupun hp disimpan di atas trafo, ini salah satu keistimewaan, amplifier built-up belum tentu.

OCL versi onsemi TO-3:
Mampu dibebani speaker sampai 4 unit/ch, transistor jengkol on/mexico tidak panas, yang panas itu jengkol st malaysia

Kit driver = pcb + komponen, belum tr final

Versi Sanken:
Mampu dibebani speaker sampai 3 unit/ch
Stereo dengan toroid rakitan:
Trafo cikapundung Bandung:

Untuk pertanyaan mengenai harga PCB dan kit driver (tanpa tr final) lewat private massage (sms).
Kolom komentar untuk berbagi pengalaman... Layout pcb dan skematik sewaktu-waktu bisa berubah untuk hasil lebih baik.

50 comments:

  1. Mas,resistor gain yang 33k kalau di ganti ke 47k ngaruh gak..saya pake 10a 47v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngaruh, lebih kencang, maaf lama balas

      Delete
  2. Salam Audio Kereatif Mas Sani!' Saya ingin bertanya saya baru saja selesai merakit power amp Blazer X10 trafo 30A saya kasi
    Tegangan 45Vac elko 8 biji 10000uf yg saya pertayakan jika saya tamba lagi 5pasang transistor final perchanel apakah daya yg dibutuhkan bisa cukup mengangkat 2 speaker 21inchi dan 2 speaker 18inchi terima kasih! .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan kurang....
      18 dan 21 minimal 65Vac.

      Anthon-Comal-Pemalang-Jateng

      Delete
    2. Walaupun power bertuliskan 2.000w kalau suplay 45vac, buat saya tetap dianggap 500watt, speaker yang cocok 500wattan

      Delete
  3. selamat siang mas sy irwan cahyono dr sby tanya pcb power ocl 500watt kena berapa?,email saya waras1981@gmail/com

    ReplyDelete
  4. Salam audio kreatif makasih udah kasih layout beserta komponennya ...mas sani saya baru saja selesai merangkai power di atas yang mau saya tanyakan kenapa suaranya kecil banget ya ...suara bass treble midle dapet bersih banget tapi vol full suaranya imbang ama speaker aktif itu kira kira kenapa ya mas .. Aku pake trafobell 5 amp 32 ct tr final 2set resistor final 390 2watt terus capasitor yang input aku pake sembarangan soalua susah nyari capasitor kaya di gambar...terus input aslinya gak bunyi jadi terpaksa pake input sebelum capasitor 22nf ... apa yang salah dengan rangkaianku ... Tolong di jawab mas ...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mungkin kurang teliti pasang resistor

      Delete
  5. mas sani,ane deddy dr bandung,mau tanya nih..kan punya ane power ocl y d input y pake kapasitor 100n milar,kl ane ganti sama mkm 100n jg bakal ada pengaruh g ? Tank

    ReplyDelete
  6. maaf sebelumnya, saya ingin membuat power amplifier dengan suara bass yang dem dem, midle yang ok dan treble yang cring cring (mungkin bahasa mudahnya seperti ini)
    saya beli kit jadi dengan tr final jengkol (ocl 150watt), dengan tr TIP (ocl 150watt) dan tr sanken (ocl 400watt) setelah saya rakit hasilnya tidak seperti yang saya inginkan.
    untuk part lainnya saya pakai :
    1. uji coba dengan trafo 5A dan 10A murni
    2. elco 10.000uf/50V (4 unit)
    3. dioda brigde (kiprok) 35A
    kendala :
    1. ocl jengkol (tr jengkol panas) padahal hanya 5-10 menit jalan dan hasil tidak seperti yang diharapkan.
    2. ocl TIP (panas) dengan waktu yang lumayan sekitar 30menitan. hasil tidak seperti yang diharapkan.
    3. ocl sanken tidak terlalu panas tetapi hasil juga tidak seperti yang diinginkan.
    speaker memakai produksi surya baja elektrik.
    mohon bantuannya.
    ynnrny@gmail.com

    ReplyDelete
  7. 1,2 panas mudah diatasi,
    3. makanya saya modif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Kit OCL Super 500 watt.... mudah2an bisa membantu sesuai keinginan.....

      Anthon 0813 8800 7088

      Delete
  8. Mas Sani,saya Doddy dari sangatta-kalimantan timur.mau tanya mas elko yang 4700uf 100v punya mas sani merk apa ya?saya yang bulan kemarin pesan 2 monoblok S OCL 500W,oh ya sekalian konfirmasi 2 monoblok sudah saya terima dengan baik tepat 6 hari setelah pengiriman.maaf baru bisa konfirmasi di blog hari ini,terimakasih mas sani

    ReplyDelete
  9. saya ahmad dari kudus,ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sama Mas Sani.. pada postingan modifikasi power ocl 150 watt pada point ke 3 "Parallel R 100K dengan kramik 1nF (input to ground)" kalau saya cocokkan dengan modifikasi ocl 150 watt versi akhir ini ada perbedaan,disini letaknya sesudah C1 (22nF),artinya tidak diparallel langsung dengan R 100K,melainkan setelah melewati C1 (22nF). Apakah ini mempunyai fungsi yang berbeda ataukah sama saja..?
    selanjutnya,C8 (100nF) itu kaki yang satu dapat ground,trus yang satunya itu dapat baut/body gitu ya Mas..? masih perlu dikasih CT ke body g Mas..?
    makasih atas jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ya fungsi sama,
      2. ya gitu. jangan disambung ke ct

      Delete
  10. Kang Sani, saya jhony dari klungkung-Bali, numpang tanya klo kit power sanken 1200w mono blok pake trafo donat 10A ct 45v maksimal penggunaan Transistor Final nya Berapa? rencana pake sanken,trus untuk basis transistor final dikasi R yg nilainya berapa? terimakasi pencerahannya. salam

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mas sani, saya usman dari probolinggo.
    Selain dari semua yg saya baca ada satu yg juga sangat berpengaruh yaitu box speaker (salon), bisakah juga disertakan contoh box yg sesuai dg drive 12, 15, tau 18 inc..........terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. contoh foto bok belum diup.load. kalo ukuran standar saya sudah ada. cari aja mas! maaf

      Delete
  12. Assalamu'alaikum,.. Salam kenal Mas SANI & kawan2, sy M.Namo dari Bekasi-Deltamas.. sy punya trafo 10 Amper cuma tegangannya kecil maksimal hanya 32 volt ct.. jika disandingkan dengan super OCL apakah harus merubah komponennya?? misal R atau C di ganti.. Terima Kasih. Sukses slalu untuk kita semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yg dirubah ... bisa....

      Anthon (Comal -Pemalang-Jateng)

      Delete
  13. Mas Sani, mohon maaf kebanyakan nanya maklum mas oot. Kalau super ocl 500 dgn trafo 30 a 65-ct-65 vac, elco 4X15000uF kuatkah mendrive A*R Prem**r 4 biji di load 4 ohm. trimakasih (mukhlis-bjm)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat mas...
      aku pernah coba 4 x ACR Deluxe (@850watt), 2 x 20A/55Vct, load 2 Ohm.. Suara Lebih Nendang... dr pd 1 x 20A/55Vct...

      Anthon (Comal - Pemalang - Jateng / 081388007088 )

      Delete
  14. salam kenal dari jember,saya pakai ocl500w sesuai skema di atas .pakai trafo 5a murni 45vct sanken 2set.1speaker acr 12".kenapa tr final sebentar udah puanas banget mohon solusinya mz sani .trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl layout bikin sendiri periksa alur pcb,
      Cek TR Driver.... (TIP 31/32)
      pengkabelan, khususnya grounding...

      Anthon (Comal - Pemalang - Jateng)

      Delete
  15. Malam mas sani..kalo mau beli kit ocl rakitan mas sani gimana cara pesannya???

    ReplyDelete
  16. Aakon dari Flores NTT;Power 500 x 2 stereo, Trafo Toroid 10 Amper CT 45 volt murni made in japan, Elko Nippon chemi chon100 volt/10.000μf KMH 105℃. Gimana menurut mas uda maksimal belum rakit power blazer 2 X 500watt, minta tolong sarannya mas kurang lebih mas seperti itu aja... rencana mau pakai untuk outdoor mas

    ReplyDelete
  17. Salam, Mas Sani Terima Kasih Banyak..!! Layout diatas sudah saya coba, hasilnya sangat memuaskan Bass Mantabb, Mid Jelas, Treble Jernih. walaupun tanpa tone control suara sudah menghentak..!! Ahmad. dari Yogya..

    ReplyDelete
  18. salam selalu buat mas sani. sy penggemar super ocl500w, sy sdh rakit 2blok socl dg data sbb
    trafo 2x20A 55vct
    kit inverting audio kreatif
    pcb socl audio kreatif (tr vas&driver kse 340/350)
    tr final 5DY 5psg
    buat angkat acr platinum main 2ohm pada volume arah jam 11 kok speker bunyi praakk itu gmn ya?
    kl dimode BTL dg inverting tsb buat angkat fabolus 18inc aman gak buat power & spkerny
    mohon pencerahanya & terima ksh atas ilmunya
    Dafit Pekalongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan pakai sanken 5DY, itu transistor sablonan! tr kse340/350 banyak yang palsu, normal-tidaknya suara dari sini, transitor adalah pemroses penting! mas jangan dulu muluk-muluk beli speaker fabulos! mas cari transistor yang asli dulu!
      ok

      Delete
  19. salam kenal mas ..
    saya dari banyuwangi . jawa timur ...
    saya mau tanya ... bagaimana caranya suara "tak" & "dung" lebih jelas tanpa mengurangi suara bass ...???
    komponen apa saja yang perlu di ganti atau di tambahkan ( untuk power ocl 500 watt )

    ReplyDelete
  20. Ass.. Mas Sani, Lebih keras / lebih kuat mana pakai 20 Amp. Era CT 45 V dibandingkan dengan 2 Trafo 15 Amp Era 32 V diseri 64 V, pakai OCL modif, trimakasih saya tunggu balasannya,... Ahmad Salatiga

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih kuat 64v/15a untuk 2 speaker 850~1.000wattan

      Delete
  21. Malam mas sani,saya doddy kaltim kok produk barunya (smps) belum di labeli harga hehe....

    ReplyDelete
  22. salam mas Sani Hasan.saya mo nanyak ni,saya masih awam dengan gambar skema rangkaian elektro ttp saya lebih ngerti jika menyambung dengan rangkaian jika di jelaskan dengan gambar atau foto bentuk jadi.la sekarang yang saya tanyakan gimana cara nya mebung transistor power suply(sanken) dengan resisitornya jika 100 watt menjadi 500 watt sebelumnya minta maaf jika saya terlalu dasar karna saya juga pingin bisa elektro salam kenal,balasan bisa di kirim ke alamat ini
    krisna.ayo8@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Salam kenal mas sani,
    aku dari banyuwangi, pengen tanya pada power 500 watt ocl , yang aku mau tanyakan r 100 omh bagusnya dipasang apa gak? Kalo untuk diluar lapangan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. r 100 ohm tengah dipasang, penting pada saat tr final panas

      Delete
  24. Salam kenal mas sani q indra dari banyuwangi
    kmren q h ngrakit ocl super 500wt nyablon ndri...
    Travo 15A, elco 10.000uf 125v 8 bji, tr final c5200 6set
    ngangkat spiker 15"4bji, 12" 2bji
    spekr spulan ndri
    suara jernih bass mantab, msih kurang puas tegangan q naikan vac 47v dan vac 12v jdi 59, vdc 85
    dorongan makin enteng,suara tetp jernih dan bass tambah mantab dari sblumx, pdhl volume power hampir mentok hehe..
    Mas sani dan ocl super 500wt emank hebat...
    Mkcih ms sani atas ilmunx, moga ms sani sllu dilancarkn rizkinx
    dan ilmunx sllu brmanfaat untuk orang lain, ttp brkarya mas sani
    salam.....

    ReplyDelete
  25. Asslmkm ms sani. Maaf mau tanyak lg nie...
    Klo lgu2 kplo, atau lagu2 banyuwangi itu kan ientik dengan suara kendangxa,,,
    yg mau q tanyakn agar suara kendang " tang " itu lebih jelas ( lebih keluar, nggk mendem suaranx itu gmn? ) sbnrxa di ocl super itu dah komplit, bass,treebl,midle dh oke bnget jernih,. Tpi q ingin suara " tang " lebih renyah lg... :)
    Ap ad komponen sperti elco hars mrek trtentu,atau transistor driver tipe lain atau d prubahan nilai R gain pd power ocl super 500wt..
    Q tunggu jawabnx ms sani...
    Mksh jg ms sani atas jwban pd prtanyaanq sblmnx...
    Asslmkm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum mas Sani, nama saya Muriya dari madura kabupaten sumenep desa talesek. saya mau nanya kemaren saya buat power amplifier 150 watt, dan saya modif ampli itu menjadi 400 watt pakai sanken seri 5dy. Kemudian saya coba pakai trafo 5amp dioda kiprok elco 10000uf/80volt (2buah elco) hasilnya amplinya dengung dan tidak ada suara yang keluar selain dengung. MOHON BALASANNYA MAS SANI

      Delete
  26. Asslmualaikum.....
    Mas sani ad yg pengen q tanyakn lg nie..... R 4k7, 2k2, 1k sma tr tip 41 pnas soalnx kmren wktu pakek mje 340 ad kndala mknx q gnti tip 41c. Ap mngkin penyebab panas R nxa itu dri tip 41c itu ms kurang bsar voltxa......?
    Yg ke 2 klo umpma ke 3 R nxa diganti 1wt,2wt pengaruh ap nggk ms sm kjernihan suaranx?
    Ke 3. Ap hrus diganti ke 3 nilai R trsbt dg yg lbih tinggi, klo diganti brp nilai yg pas untuk vdc 90 volt ms,, dan ap pengaruhnx pda suara stelah R nxa di ganti dngan nilai yg lbih tinggi....?
    Q tunggu jwbanx ms sani... Maaf dh bnyak ngroptin ms sani hehe..
    Malu brtanx sesat di jalan,, dri pd tersesat mnding q nyasar kcini dpt ilmu dri ms sani hehe...
    Asslmkm......

    ReplyDelete
  27. Ass.. mas Sani mau nanya lagi, seandainya Untuk Power Suplay CT kanan menggunakan Elko 33.000 uf/80 Vol 2 buah diseri jadi 160 Vol, utk CT kiri 2 Elko yang sama 2 bwh 160 Vol, Trafo 20 Amp CT 64 Vol,utk menghindari Elko meledak, bisa tidak ? maaf memanfaatkan elko bekas yg ada, semoga ilmunya bermanfaat bagi teman-teman penggemar audio yg lain...Trim... saya tunggu jawabanya Ahmad Salatiga...

    ReplyDelete
  28. Mas sani mau tanya itu kaki c100nf trhubung di grond sama baut lubang gunanya untuk apa
    Mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
  29. Selamat malam mas,saya eko dari jakarta,bisa pesan super ocl mas??
    Rencana mau rakit 4 X 15600 , kalau bisa saya kabari mas.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  30. Satu lg tambahan dari kit SOCL 500w... yang sebelumnya aku rakit untuk speaker toa / corong + speaker Coloum masjid....

    Aku dah buat dan diaplikasikan untuk power subwoofer mobil... plus tonecontrol mono...

    hasil sangat memuaskan pelanggan.... suara mantap dgn speaker subwoofer 6", suply 24 vct....

    Anthon - Comal - Pemalang (0813 8800 7088)

    ReplyDelete

Silakan semua bisa saling sharing, yang tidak punya akun bisa pakai anonymous, jangan lupa kasih nama dan daerah, setiap 2 tahun komentar akan dihapus/dibersihkan