Senin, 14 Maret 2011

UKURAN KAWAT EMAIL TRAFO

kawat email ukuran 1mm kuat arusnya berapa?
Saya cari di google, kok yang muncul kekuatan kawat untuk kabel,
bukan untuk trafo. wah ini ada yang ga beres, salah pengertian.
Banyak blog tulisannya cuma kopy paste aja, sama persis.
ini tabel asli dari elektronikakreatif.blogspot.com

nb: -> Utk trafo CT, cukup 1/2 dari arus nominal,
misal trafo 5A kecil menggunakan kawat 0.7mm(2.5A)
-> Arus yang sebenarnya bisa lebih besar/kecil
tergantung beban rangkaian
-> Kawat untuk trafo 5A besar = trafo 10A kecil
-> Trafo 5A/10A besar biasanya dipasang untuk PA stereo

18 komentar:

  1. makasih pak admin tabelnya baguss,, dari yusuf

    BalasHapus
  2. Maaf, yg dimaksut diameter 2mm itu untuk primer dan yg luas penampang 3,14 apakah untuk sekunder dan arus yg keluar 20 amper murni?

    arief, kediri

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu untuk primer/sekunder,
      jawaban untuk mas arief itu untuk sekunder, 2mm=3,14mm^2
      ya bisa 20a terus menerus, hentakan bisa 40a

      Hapus
  3. Maaf satu lagi, kalo untuk perbandingan kawat primer dan sekunder berapa? Misal : kawat sekunder pakai 2mm (trafo CT) untuk primernya pakai berapa mm mas?
    arief, kediri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh: trafo 5A
      Daya out, P=32v x 5a= 160watt,
      Daya input minimal= daya output
      Arus pada kumparan primer=160/220= 0,72A tabel di atas adanya 0,8A jadi kawat yang dipakai tidak lebih dari 0,4mm

      PRIMER 0,4mm,
      SKUNDER: 0,7mm untuk trafo CT, atau 1mm untuk trafo 0,

      Itu perhitungan mudahnya
      Ukuran kawat trafo pasaran biasanya lebih kecil dari ukuran ini, tiap tahun makin kecil. bahkan isinya bukan tembaga lagi melainkan aluminium

      Hapus
  4. Kalau ukuran kawat primer 1,5 mm skunder 1,8 mm ketemunya brapa amper mas ? Mximal bisa brapa volt ct?

    BalasHapus
  5. Mas sani mau tanya nih... Travo orsi 5A biasa. rencana mau tak gedein primer sekundr y biar arusy + besar. Trus untuk putaran lilitan kawat buat sekunder/ primernya brapa?? Atau disamain dgan yg orsi?? Misal yg orsi primernya 900 putaran trus apa kawat email yg baru agak gedean ukuranya disamakan 900 putaran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, jumlaah putaran disamakan

      Hapus
  6. Oke makasih mas... Mau nyoba ah moga berhasil hehe...

    BalasHapus
  7. Mas uji gulung trafo udah jd tp pas glung primer sempat lupa dah dpt brapa putaran.maklum gulungy manual seperti gulung benang di kaleng buat main layangan hehehe.... Dari pd kurang jd q lebihin aj putrany biar g kbakar cpek" gulung hihihi.. Dan akiry q tes alhmdlilah aman berhsil wah seng skali.... Mkasih mas atas bantuanya. Klo bleh tau masani pya whatsap?? Klo ada minta dong biar bs kirim gambar.. N berguu pd mad,soaly sy msih awam pingin bs mahir elrktro. Trim.

    BalasHapus
  8. Mau tanya niy mas, sy masih awam soal gulung2 trafo.
    Klo mau bikin 25V CT 25V apa ngulung kawatnya rangkap 2 atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa rangkap 2, tapi biasanya dililit 1/1 biar mudah, buat 25c ke ct, lilitan berikutnya sama untuk ct ke 25v

      Hapus
    2. Klo untuk CTnya ngambil ujung kawat yang mana mas, apa salah satu ujung kawat disambung jadi satu tuk CTnya atau gmana?

      Hapus
  9. misi mas mau tanya ., itu tabelnya untk ukuran travo donat ato trafo kotak ?? mohon bimbinganya :D

    BalasHapus
  10. mas, kalo ukuran primernya 0,6mm trus skundernya 1,5 mm, kira kira dapet brapa amper mas?

    BalasHapus

Silakan semua bisa saling sharing, yang tidak punya akun bisa pakai anonymous, jangan lupa kasih nama dan tempat/daerah